Mebel Jati Minimalis | Pasar Industri Semua organisai yang membeli barang dan jasa untuk di gunakan memproduksi barang dan jasa lain yang di jual, di sewakan, atau ke perusahaan lain .
A . Proses Pembelian Pasar Industri
- Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar industri untuk menetapkan kebutuhan akan produk dan jasa yang harus di beli dan untuk mengidentifikasikan, mengevaluasikan, dan memilih dari berbagai alternatif merek dan pemasok .
- Struktur dan Permintaan Pasar
- Pasar industri memilih lebih sedikit pembeli tetapi besar nilainya .
- Pelanggan pasar industri lebih terkosentrasi secara geografis .
- Permintaan pembeli industri merupakan turunan dari permintaan konsumen akhir .
- Permintaan di pasar industri lebih inelastic - kurang terpengaruh oleh perubahan harga jangka pendek .
- Permintaan di pasar industri lebih berluktuatif dan lebih cepat .
- Sifat Unit Pembelian
- Pembelian di pasar industri melibatkan lebih banyak pembelian .
- Pembelian pasar industri melibatkan usaha pembelian yang lebih profesional .
- Berbagai Tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan
- Pembeli di pasar industri biasanya menghadapi pengambilan keputusan yang kompleks .
- Proses pembelian industri lebih formal .
- Dalam pembelian di pasar industri, penjual dan pembeli bekerja lebih erat dan membangun hubungan jangka panjang .
C . Aktifitas Pembelian Terdiri dari Dua Bagian
- Pusat pembelian yang terdiri semua ornag terlibat dalam pengambilan keutusan pembelian .
- Proses pengambilan keputusan pembelian .
a . Berbagai Situs Pembelian Utama
1 . Pembelian Uang Sepenuhnya
- Merupakan situasi pembelian di pasar industri yang di tandai oleh pembeli secara rutin memesan ulang sesuatu tanpa ada modifikasi .
- Situasi pembelian di pasar industri yang di tandai oleh pembelian ingin memodifikasi spesifikasi, harga, persyaratan, dan pemasokan produk .
- Situasi pembelian di pasar industri yang di tandai oleh pembeli membeli produk atau jasa untuk yang pertama kalinya .
- Pembelian penyelesaian masalah secara terpaket dari satu penjual .
Unit pengambilan keputusan organisasi pembelian di sebut "Pusat Pembelian" yaitu semua individu dan unit berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan di pasar industri .
1 . Pemakai
- Anggota organisasi yang akan mengggunakan produk atau jasa, pemakai sering sebagai pencetus usulan pembelian dan membantu mendefisikan spesifikasi produk .
- Orang di dalam pusat pembelian suatu organisai yang mempengaruhi keputusan pembelian, merea sering membantu mendefisikan spesifikasi dan juga menyediakan informasi untuk mengevaluasi sejumlah alternatif .
- Orang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang meiliki kekuatan formal dan informasi untuk memilih atau menyetujui pemasok yang harus di pilih .
- Orang yang di dalam pusat pembelian suatu organisasi yang mengendalika arus informasi kepada orang lain .
1 . Faktor-faktor lingkungan
- Perkembangan ekonomi
- Kondisi penawaran
- Perubahan teknologi
- Perkembangan peraturan dan kondisi politk .
- Perkembangan persaingan
- Budaya dan adat istiadat
- Tujuan
- Kebijakan
- Prosedur
- Struktur organisasi
- Sistem
- Otoritas
- Status
- Empati
- Kemampuan mempengaruhi orang .
- Umur
- Pendidikan
- Posisi jabatan
- Kepribadian
- Sikap terhadap resiko
1. Penegnalan Masalah
- Tahap Pertam dalam proses pembelian di pasar industri ketika orang di perusahaan tertentu mengenali adanya masalah atau kebutuhan yang dapat di pecahkan dengan memperoleh barang atau jasa tertentu .
- Tahap dalam proses pembelian si pasar industri ketika perusahaan tersebut menjabarkan secara umum karakteristik dan kuantitas barang yang di butuhkan .
- Tahapan ketika organisasi pembeli mumutuskan dan menspesifikasi karakter produk yang secara teknis atas barang yang di butuhkan .
- Pendekatan pengurangan biaya di mana semua komponen di pelajari secara seksama guna menentukan apakah dapat di rancang ulang, di standarikasikan atau dibuat dengan metode produksi yang lebih baik .
- Tahapan ketika pembeli berusaha mendapatkan pemasok terbaik .
- Tahapan ketika pembeli mengundang pemasok yang memenuhi untuk mengajukan proposal .
- Tahapan ketika pembeli mengulas proposal dan memilih satu atau beberapa pemasok
- Tahapan ketika pembeli menulis pesanan akhir kepada pemasok terpilih, membuat daftar spesifikasi, kuantitas yang di butuhkan waktu penyerahan yang di harapkan kebijakan pengambilan barang dan garansi .
9 . Peneliatian Kinerja
- Tahapan ketika pembeli meningkat kepuasannya terhadap pemasok, sambil mengambil keputusan apakah akan melanjutkan, memodifikasi atau memutuskan perjanjian hubungan tersebut .
Terdiri dari semua perorangan dan organisasi yang membeli barang untuk di jual kembali atau di sewakan dengan tujuan memperoleh laba . Penyalur tidak memproduksi kegunaan bentuk, melainkan menghasilkan kegunaan waktu, tempat dan kepemilikan .
a . Keputusan yang di Ambil Penjual Kembali
1 . Macam apa saja yang akan di beli ?
- Pilihan produk eksklusif, pilihan produk mendalam, pilihan produk melebar, pilihan produk aneka ragam .
- Situasi barang baru, situasi pemasok terbaik, situasipersyaratan lebih baik .
- Pertumbuhan cepat pembelian masa di pasar industri menjajikan banyak manfaat :
- Memangkas biaya transaksi .
- Mengurangi waktu antara pemesanan dan pengiriman .
- Menciptakan sistem pembelian yang lebih efisien .
- Membentuk hubungan yang lebih intim antara patner dan pembeli .
Ok sekian dari saya, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir tentang pasar industri dan perilaku pembeli .
Terima Kasih sudah membaca artiker jelek ini .
Promo : Jika anda ingin membeli barang furniture silakan kunjungi Hasan Mebel Jepara, di sana banyak sekali beberpa pilihan furniture jepara dengan kualitas terbaik .
Terima Kasih sudah membaca artiker jelek ini .
Promo : Jika anda ingin membeli barang furniture silakan kunjungi Hasan Mebel Jepara, di sana banyak sekali beberpa pilihan furniture jepara dengan kualitas terbaik .