Minggu, 15 September 2013

Pasar Industri Kayu Jati

Pasar Industri Kayu Jati perhutani (TPK) sangat meningkat pesat . karna kayu jati ini merupakan salah satu jenis kayu tropis yag terkenal mimiliki kualitas sangat baik . karna kayu ini memiliki masa pertumbuhan yang sangat lama . itu sebabnya persediaan kayu ini di pasaran tergolong sedikit dan harga untuk jenis kayu ini tergolong mahal . Mungkin anda tidak percaya dengan apa yang saya katakan tentang persediaan kayu jati sedikit . sebab pada kenyataannya, banyak sekali industri permebelan menggunakan kayu jati sebagai bahan baku dalam memproduksi berbagai macam barang olahan yang di hasilkan mebel jati jepara atau mebel kota lain . saya membenarkan karna yang saya maksud adalah kayu jati perhutani yang sangat berkualitas tinggi . sedangkan kebanyakan kayu jati yang di gunakan untuk memproduksi sebuah barang sekarang menggunakan kayu jati yang berkualitas sedang atau biasa . tapi walaupun yang di gunakan kayu yang berkualitas sedang atau biasa, mebel jepara selalu punya akal untuk membuat sebuah barang dari kayu tersebut agar terlihat mewah dan kualitas juga terbaik . makanya saya juga suka dengan pengrajin mebel jepara di banding dengan kota lain yang kualitas barangnya sangat jelek dan bahan kayupun juga begitu .


Harga industri pemebelan furniture jepara yang menggunakan kayu jati tua sebagai bahan baku dalam proses pembuatan sebuah barang, tentu harganya akan lebih mahal di banding dengan kayu jati tua . secara umum kayu jati tua perhutani memiliki kelebihan yang terletak pada keawetan dan tingkat keindahan yang di tonjolkan oleh kayu perhutani tersebut .
Keawetan kayu jati tua atau perhutani di sebabkan adanya kepadatan pada pori-pori dan serat pada kayu . kayu ini memiliki pori-pori dan serat yang sangat padat, sehingga kayu tersebut menjadi keras dan tidak mudah di serang rayap meskipun diletakkan pada tempat yang bersentuhan langsung dengan tanah . Contoh seperti yang kita lihat bangunan-bangunan tinggalan nenek moyang kita yang masih utuh sampai sekarang .
keindahan dari kayu jati ini memiliki tekstur, arah serat dan warna yang sangat bagus, Anda juga bisa membuktikannya sendiri jika anda ingin memesan barang dari jepara atau memproduksi sendiri menggunakan kayu jati tua .